Telp. (0371) 24333
The Second Home For Our Children
Get Adobe Flash player

Keajaiban Dunia, Kelas 1 Imam Muslim

 muslim

Oleh:
Ayunita Lestari, S.Pd

Selasa 30 Agustus 2016, di kelas 1 Imam Muslim SDIT Samawa Cendekia Sumbawa sedang berlangsung pelajaran Pendidikan Agama Islam. Materi hari itu yakni tentang rukun iman. Seperti yang kita ketahui, rukun iman ada 6. Rukun iman yang ke-5 percaya kepada hari akhir dan yang ke-6 percaya kepada takdir. Anak-anak antusias mendengar cerita tentang hari kiamat. “Ustdzah, kalau masih ada orang yang sholat berarti gak kiamat ya?” tanya Jeevan. “Iya, makanya rajin sholat ya.” Jawabku. Semuanya serempak menjawab “iyaaaa ustadzah”.

muslim3      14051667_297988903897874_975097345342704186_n

 

Selanjutnya saya menceritakan beberapa kisah tentang takdir Allah. Seperti kisah nabi Ibrahim yang selamat dari bara Api. Berbagai pertanyaan muncul dari siswa, dan jawabannya hanya satu, Allah. Iya, karena kita harus percaya bahwa kejadian apapun yang terjadi itu adalah atas kehendak Allah. Tidak ada 1 pun hal yg luput dari pengamatan Allah. Jadi perbanyaklah berbuat baik agar Allah membalas dengan SurgaNya. Saling tolong menyayangi teman, serta rukun dengan teman. Berbakti kepada orang tua dan guru di sekolah juga akan menjadi lading amal yang selalu disaksikan oleh Allah. Mereka tersenyum puas atas jawaban pertanyaan mereka.

Setelah diselingi tepukan dan nyanyian saya melanjutkan bertanya.

“Sebutkan 7 keajaiban yangg ada di dunia”.

Suasana kelas hening sejenak.,

Tiba-tiba terdengar jawaban “badan kita ustadzah” Jeevan menjawab. “Mata kita” Ghiffar menjawab sambil memegang matanya. “Telinga kita” Hanif juga tidak mau kalah sambil memegang telinganya. Raia mendekat dan menjawab, “otak kita ustadzah untuk berfikir”. Alvin pun menimpali “jari tangan dan tangan ustdzah, tidak bisa makan kalau tidak ada tangan”. Andrey menarik lengan saya dan menjawab, “hidung ustadzah” sambil memegang hidungnya dan tersenyum. Adhief menjawab, “rambut kita”. Syadid menjawab, “kepala”. Ditengah suasana riuh ada yag menarik ujung jilbab saya. Dengan pelan dia menjawab ketika saya menoleh ke arahnya, “keajaiban di dunia itu adalah hati kita ustadzah”, sambil ia letakkan tangan di dadanya. “Subhanallah, Masya Allah, kalian anak – anak hebat”. Hanya itu yg bisa saya ucapkan.

Saya benar-benar terpukau dengan jawaban mereka. Untuk siswa kelas 1 SD benar-benar “wah” menurut saya. Sampai-sampai tak sadar air mata berlinang. Bukan karena cengeng. Tapi karena terharu dengan jawaban super mereka serta melihat langsung ekspresi mereka. Meskipun anak – anak belum sepenuhnya mengerti tentang rasa syukur. Tapi raut wajah dan sikap mereka mencerminkan rasa syukur tersebut.

Keajaiban dunia tidak perlu dicari jauh-jauh. Ada di diri kita sendiri. Sungguh sempurna ciptaan Allah. Bangga dengan perkembangan mereka. Ya Allah, lindungi anak didik kami. Jadikan mereka anak-anak  soleh/ah yang tangguh. Agar bisa menjadi khalifah yang selalu menyertakanMU dalam mengemban amanah. Bahagiakan orang tuanya ya Allah. Amin ya rabb.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ANDA PENGUNJUNG KE
Flag Counter