Telp. (0371) 24333
The Second Home For Our Children
Get Adobe Flash player

Rombongan Belajar Imam Nawawi, SDIT Samawa Cendekia Berkunjung Ke Kantor Pos Cabang Sumbawa

pos7

                                                                 Oleh  : Desi Maulidyawati, M.Pd

Selasa (17/05) rombongan belajar Imam Nawawi, SDIT Samawa Cendekia mengunjungi Kantor Pos Cabang Sumbawa yang beralamat di Jl. Garuda No. 101 Sumbawa. Rombongan belajar Imam Nawawi diterima dengan hangat oleh wakil direktur Ibu Emmy Faridah Al Jufri dan beberapa staf di ruang pelayanan bersama dengan pelanggan pos lainnya. Siswa sangat antusias berkunjung ke kantor pos, ini dikarenakan mereka ingin mengirimkan surat yang telah ditulisnya di sekolah untuk Ayah dan Bunda di rumah. Rombongan berkunjung ke kantor pos tentu tidak hanya untuk mengirimkan surat. Adapun tujuan lainnya yakni mengenalkan siswa pada salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa dan juga memberikan pengalaman kepada siswa tata cara dalam berkirim surat.

 Pegawai pos menyampaikan penjelasan tentang bagaimana proses pengiriman surat, mulai dari menulis surat, kemudian surat harus dimasukkan ke dalam amplop, menempelkan prangko, selanjutnya surat distempel oleh pegawai pos dan terakhir surat disortir untuk didistribusikan. Setelah dijelaskan oleh bapak pos, siswa diminta mengeluarkan suratnya masing – masing untuk dimasukkan dalam amplop surat. Tidak lupa pak pos mengingatkan kepada siswa untuk menulis alamat lengkap pengirim dan penerima surat. Agar surat yang dikirim tidak salah alamat. Selanjutnya siswa diberikan kesempatan memilih prangko dengan berbagai gambar yang mereka sukai untuk ditempelkan pada amplop surat. Sebelumnya, siswa telah diinformasikan untuk membawa uang Rp. 4.000, 00 untuk membeli prangko. Prangko merupakan bukti bahwa pengirim surat telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos. Pak Pos juga menjelaskan kepada siswa tentang prangko prisma, yakni  prangko yang dapat menampilkan foto yang dikehendaki oleh pemesan, yang dicetak di atas security paper seperti halnya kertas berharga. Siswa sangat tertarik menggunakan prangko prisma Prangko prisma lebih seru karena si penerima surat akan melihat langsung foto pengirimnya lewat prangko. Namun, tidak dapat digunakan untuk mengirim suratnya karena siswa harus memesan terlebih dahulu dan menunggu prangko tersebut jadi dalam waktu satu minggu.  Akhirnya siswa memilih prangko lainnya yang tidak kalah bagusnya. Ada yang memilih gambar pahlawan, tempat wisata, bunga, dan berbagai gambar lainnya.

Setelah memilih dan menempelkan prangko yang ditemani oleh Ibu Wakil direktur, rombongan diajak berkeliling ke ruangan penyotiran surat. Di ruang sortir rombongan sudah ditunggu oleh bapak direktur dan staf yang akan membantu menjelaskan ke siswa Siswa sangat senang saat diajak bernyanyi bersama lagu “kring – kring pos”. Saat salah satu staf menjelaskan bahwa di ruang penyotiran ini, surat – surat dikelompokkan yang nantinya surat tersebut akan diantar oleh pak pos ke alamat tujuan masing – masing. Salah seorang siswa bertanya “berapa hari suratnya sampai Pak, saya penasaran surat saya sampai enggak di rumah?” celetuk Riki yang mengundang tawa semua orang dalam ruangan tersebut.(DM)

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ANDA PENGUNJUNG KE
Flag Counter