Telp. (0371) 24333
The Second Home For Our Children
Get Adobe Flash player
Arsip

BELAJAR AL-QUR’AN METODE WAFA SANGAT MENYENANGKAN

wafa1

Ternyata belajar Al-Qur’an itu sangat mudah dan menyenangkan jika dilakukan dengan metode pembelajaran otak kanan. Itulah Metode WAFA, sebuah revolusi pembelajaran al-qur’an yang dikembangkan oleh Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia. Metode ini cocok untuk segala usia, terutama anak-anak. Keistimewaan metode ini adalah bisa membangkitkan semangat dan kegemaran membaca, menghafal, memahami dan menerapkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak hanya itu, siswa juga bisa terlatih menulis teks Al-Qur’an dalam bahasa Arab. Itulah sebabnya, SDIT Samawa Cendekia menginisiasi kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Qur’an dengan metode WAFA. Pelatihan ini dihajatkan sebagai instrumen mencetak guru-guru AL-Qur’an yang selalu dicintai dan dirindukan siswa-siwanya. “Diharapkan setelah pelatihan metode ini, para peserta pelatihan, terutama guru-guru SDIT Samawa Cendekia, semakin semangat mengajarkan al-qur’an kepada anak-anak” kata Sulistiawati, SP, ketua panitia pelatihan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 Mei 2016, di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa, berkerjasama dengan lembaga WAFA, Surabaya-Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan staf SDIT Samawa Cendekia, dan beberapa peserta dari luar. “Insya Allah setelah pelatihan ini, akan ada kegiatan Al-Qur’an Camp sebagai wahana “ri’ayah maknawiyah” atau pengayaan “ruh al-qur’an” pada guru-guru dan siswa,” kata Sambirang Ahmadi, M.Si, Kepala Sekolah SDIT Samawa Cendekia.

“Belajar membaca, menghafal dan memahami Al-Qur’an itu sangat penting bagi setiap muslim, karena Al-Qur’an itu ruh yang menghidupkan. Bayangkan kalau kita hidup tanpa ruh, apa yang terjadi?” Demikian kata Sambirang seraya mengutip hadits yang diriwayatkan Imam Turmudzi: “Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian ayat al-qur’an, seperti rumah tak berpenghuni.”

Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Qur’an ini bertujuan menstandarisasi dan meningkatkan kualitas guru Al-Qur’an di SDIT Samawa Cendekia. Karena sebelum siswa diperkenalkan dengan metode WAFA, para guru harus paham dulu bagaimana mengajarkan Al-Qur’an dengan metode ini, administrasi seperti apa yang diperlukan untuk melihat perkembangan siswa dalam belajar Al-Qur’an, serta para guru juga harus siap memberi contoh membaca Al-Qur’an dengan lagu Hijaz salah satu ciri khas dari WAFA, tentunya dengan tajwid dan makharijul huruf yang benar. “Sekarang sekolah kami menerapkan pembelajaran al-qur’an metode Ummi. Tentu setelah pelatihan ini, para guru bertambah ilmu dan wawasannya tentang metode-metode baru, sehingga mereka bisa langsung aplikasikan di sekolah. Kami bertekad bisa menggunakan metode WAFA seratus persen pada tahun pelajaran baru ini.” Demikian Sambirang menambahkan.

Belajar dengan metode Wafa sangat mudah dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan WAFA mengadopsi sebuah sistem yang komprehensif dan integratif. Sebagai wujud dari komprehensivitas sistem ini, pembelajaran dilakukan secara integral, yang mencakup 5 T : Tilawah dan menulis, Tahfidz, Tarjamah, Tafhim, dan Tafsir. Kelima program ini merupakan wujud usaha revolusi pembelajaran Al-Qur’an yang dikemas sangat bersahabat dengan pembelajar, khususnya anak-anak. Sehingga diharapkan siswa akan lebih menikmati proses belajar Al-Qur’an. Selain itu, metodelogi pembelajaran yang digunakan dalam metode WAFA merujuk pada konsep quantum teaching dengan alur pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan/refleksi) dan pendekatan otak kanan (asosiatif, imajinatif, dll).

Sudah saatnya pendidikan Al-Qur’an kita jadikan sebagai pilar penting pembangunan masyarakat Islam Indonesia. Untuk itu, metode pembelajaran al-qur’an tidak boleh monoton, parsial dan membosankan. Kita harus melahirkan anak-anak yang gemar membaca dan mempelajari Al-Qur’an, dengan makharijul huruf dan tajwid yang benar dan mampu menghafal minimal 2 juz al-qur’an, juz 29-30. (DM)

Share Button

One Response to BELAJAR AL-QUR’AN METODE WAFA SANGAT MENYENANGKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ANDA PENGUNJUNG KE
Flag Counter