Telp. (0371) 24333
The Second Home For Our Children
Get Adobe Flash player

SARI BUKU

 

AGAR BELAJAR MENYENANGKAN?

 

pratiwi3

Oleh : Pratiwi Banyuwardani, S.Pd.I*

 

Mutu pendidikan adalah merupakan masalah nasional karena pendidikan merupakan satu-satunya komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya peningkatan kualitas pendidikan berarti juga upaya peningkatan sumber daya manusia. Tugas besar mengatasi masalah pendidikan bangsa ini membutuhkan waktu panjang karena menyangkut dimensi yang sangat luas.
Satu hal yang menentukan mutu pendidikan adalah proses pembelajaran, dimana guru dan siswa-siswa saling berinterkasi. Hidup tidaknya sebuah proses pembelajaran tergantung pada rencana pembelajaran yang disiapkan guru. Karenanya, membuat perencanaan belajar-mengajar sebelum memulai kegiatan pembelajaran sangat penting dan menentukan. Perencanaan yang kita buat akan membawa setiap siswa ke dalam situasi belajar yang efektif sehingga tujuan belajar mudah dicapai. Untuk itu seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan dan menerapkan proses pembelajaran baik, berkualitas, menyenangkan dan tuntas.
Strategi pembelajaran yang diterapkan harus dilihat berdasarkan tingkat perkembangan psikologi siswa dan daya berpikirnya. Dalam hal ini tentunya seorang guru harus mampu mengerti dan bersikap sesuai dengan kondisi siswa. Jika seorang guru tidak memperhatikan tahap perkembangan dan apa yang dialami siswa akibatnya siswa akan mengalami kesulitan dalam belajar.
Bagi segala sesuatu itu ada metodenya, dan metode masuk surga adalah ilmu” (HR.Dailani). Hadist ini menegaskan bahwa untuk mencapai sesuatu termasuk pembelajaran yang baik, berkualitas, menyenangkan dan tuntas harus menggunakan ilmu atau metode yang tepat dan sesuai dengan psikologi siswa. Dengan demikian, metode dan strategi pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Banyak cara meningkatkan kemampuan belajar siswa. Satu diantaranya adalah dengan menerapkan prinsip/metode belajar mengajar Open Ended. Prakteknya sbb:
  1. Pembelajaran dengan Open Ended biasanya dimulai dengan memberikan problem terbuka kepada siswa. Prinsip ini sangat bagus digunakan diawal pembelajaran sebagai pertanyaan pancingan guru kepada siswa untuk menarik perhatian dan minat siswa pada pembelajaran, tentunya harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
  2. Kegiatan pembelajaran harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan dengan banyak cara dan mungkin juga banyak jawaban yang benar. Ini merupakan kesempatan besar yang harus dimanfaatkan seorang guru, karena tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan jawaban tetapi menekankan pada cara bagaimana sampai pada suatu jawaban. Dengan demikian bukan hanya satu pendekatan atau metode dalam mendapatkan jawaban, namun beberapa atau banyak. Ketika semakin banyak cara dan banyak jawaban, peluang diterimanya materi pembelajaran akan semakin besar dan mudah diterima oleh siswa.
Usaha mencari metode mengajar yang baik telah dilakukan selama beberapa tahun dengan percobaan-percobaan, dengan trial dan error, ada kalanya sukses, ada kalanya menemukan kegagalan. Dari semua pengalaman itu didapat pengalaman bahwa pelajaran harus diorganisasikan membentuk kegiatan-kegiatan yang riil, menarik dan berharga bagi siswa, yang membangkitkan siswa dalam menghadapi tantangan-tantangan, dan yang membawa siswa ke pengertian yang lebih dalam dan luas.
Menerapkan metode yang efektif dan efisien dalam pembelajaran adalah sebuah keharusan, dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang dinamis sesuai dengan situasi kelas dan kondisi siswa. Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di dalam kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
*Penulis adalah guru kelas 2 Imam Baihaqi SDIT Samawa Cendekia
Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ANDA PENGUNJUNG KE
Flag Counter