Telp. (0371) 24333
The Second Home For Our Children
Get Adobe Flash player

SARI BUKU

 

 menjadi guru efektif

                                                                               

Menjadi Guru Efektif

The First Day of School

Pengarang    : Harry K. Wong dan Rosemary T. Wong

Penerbit         : Pustaka Pelajar

Edisi               : I

Tahun                        : 2009

Bagaimanakah Menjadi Guru Efektif? 

Oleh : Usman, S.Sos.I*

Mengawali karir menjadi tenaga pengajar atau guru merupakan suatu hal yang membanggakan, menyenangkan sekaligus menegangkan. Bila pada hari pertama seorang guru berhasil mengajar dengan baik maka pastinya kita akan mendapat kesan yang baik pula dari teman sejawat sesama guru atau pun dari siswa didiknya. Namun apa yang terjadi bila anda seorang guru, pada hari pertama anda mengajar nervous, gugup, sehingga melakukan hal-hal yang tidak anda inginkan?

Marilah kita coba membahas tentang kiat-kiat hari pertama seorang guru menghadapi siswa-siswanya atau berada dalam ruang kelas.

Douglas Brooks dalam artikelnya “The First Day of School” menemukan dua hal penting, yaitu:

  1. Sangat sedikit guru yang menerima instruksi tentang sesuatu yang sebaiknya dilakukan di hari-hari pertama sekolah. Pada dua minggu pertama mengajar sangat kritis untuk menentukan seberapa baik siswa mencapai keberhasilan di sisa tahun ajaran tersebut, karena prestasi siswa di akhir tahun ajaran berkaitan langsung dengan kendali yang baik terhadap kelas di minggu-minggu pertama tahun ajaran tersebut.
  2. Sangat sedikit guru yang mendapatkan pengalaman atau pelatihan apa pun selama mengajar siswa-siswanya tentang sesuatu yang harus dilakukan di hari-hari pertama sekolah, dimana seharusnya seorang guru harus penuh perhatian dalam memicu berpikir siswa, mampu menantang kemampuan mereka dan membuat siswa-siswinya berhasil, tentunya dengan prosedur managemen kelas yang dikelola dengan baik, sehingga siswa-siswi bisa fokus belajar.

Oleh karena itu, seorang guru penting memiliki skill managemen kelas, kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana kelas yang mampu membuat siswa-siswinya merasa nyaman, senang, enjoy menikmati pelajaran yang diberikan seorang guru, jauh dari rasa tertekan dan terintimidasi.

Tahapan Mengajar

Tujuan sekolah adalah belajar, dimana hal terpenting untuk membentuk minggu pertama sekolah adalah konsistensi. Tidak ada orang yang menyukai ketidakteraturan, Siswa sangat menginginkan rasa aman. Hal itu didapatkan dari seorang guru yang efektif dalam mengajar. Efektif bermakna melakukan sesuatu dengan tepat berkali-kali secara konsisten, dan guru yang efektif membawa pengaruh baik bagi kehidupan siswanya.

Untuk mengetahui apakah anda adalah seorang guru efektif, penting memahami tahapan mengajar sebagai berikut :

  1. Fantasi

Guru yakin bahwa untuk menjadi guru yang berhasil, mereka perlu membangun hubungan dan berteman dengan siswanya. Pada tahap ini, mengajar bagi seorang guru hanya sebatas yang aktivitas menyenangkan, tetapi belum banyak berbicara tentang standar, tanggung jawab, dan prestasi siswa.

  1. Sekadar Bertahan

Pada tahapan ini, seorang guru hanya mengandalkan praktik-praktik mengajar efektif, sekadar menjalani hari-hari mengajar. Karena mengajar difahami sebagai pekerjaan dan mereka dibayar atas hal itu. Cara guru mengajar pada tahapan ini: mendikte catatan pelajaran, menyalin dari papan tulis/transparans atau membiarkan mereka menikmati film-film dokumenter.

  1. Menjadi Ahli

Pada tahapan ini, para guru mengetahui bagaimana membuat siswa-siswinya berhasil dalam belajar bahkan berprestasi tinggi. Mereka mampu mengatur ruang kelas, mengajar dengan sangat ahli, mereka membaca jurnal-jurnal professional dan membuat perubahan dan menunjukkan rasa tanggung jawabnya.

  1. Memberikan Pengaruh

Pada tahapan ini, para guru mampu membuat perbedaan hidup bagi siswa-siswinya karena mereka menggunakan praktik-praktik mengajar efektif, mengajar dengan tahapan fantasi, dan memenuhi fantasi atau mimpi guru untuk membawa perubahan lebih jauh pada hidup siswa-siswinya.

Jika anda adalah seorang guru yang mampu melampaui tahapan ini, maka anda adalah seorang ahli atau guru yang sesungguhnya. Guru yang juga sekaligus menjadi pemimpin bagi murid-muridnya, dan anda telah memberikan sumbangsih yang besar bagi profesi seorang guru.

Ciri Guru Efektif

Dengan demikian, seorang guru efektif memiliki tiga ciri utama, yaitu :

  1. Memiliki ekspektasi positif terhadap kesuksesan siswanya

Ekspektasi positif (tinggi) ini menaruh harapan yang tinggi pada siswa. Guru sangat percaya pada siswanya dan siswa biasa belajar dengan baik secara alamiah. Sangat esensial bahwa guru menunjukkan ekspektasi yang positif terhadap semua siswa, karena sikap ini memberi keuntungan bagi guru maupun siswa dan bagi seluruh lingkungan kelas.

  1. Manager kelas yang andal

Managemen kelas terdiri atas praktik-praktik dan prosedur-prosedur yang digunakan guru untuk mempertahankan lingkungan. Guru harus membentuk lingkungan kerja yang produktif dan kooperatif. Keefektifan lingkungan ini merupakan hasil dari seberapa baik guru me-manage kelasnya.

  1. Mengetahui cara merancang pelajaran untuk dikuasai siswanya (penguasaan mata pelajaran).

Untuk mengajarkan sebuah keahlian terhadap pelajaran tertentu, guru efektif harus melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mengetahui cara merancang pelajaran agar siswa bisa belajar konsep atau menguasai kemampuan yang diajarkan.
  2. Mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran untuk menentukan apakah siswa sudah menguasai konsep atau kemampuan yang diajarkan.

*Penulis adalah seorang guru, wali kelas 1 Imam Bukhori SDIT Samawa Cendekia

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ANDA PENGUNJUNG KE
Flag Counter